Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Lubuk Basung

Jl. Dr. Moh. Hatta No. 538, Lubuk Basung

: 0752-76143     : info@pn-lubukbasung.go.id

Rabu, 20 Juni 2018

Live Chat


Live chat digunakan untuk fungsi komunikasi, edukasi dan customer service kepada masyarakat. Fungsi-fungsi tersebut dijelaskan sebagai berikut. Pertama, Fungsi komunikasi, yaitu dalam hal masyarakat bertanya tentang kebutuhannya. Kedua, Fungsi edukasi, yaitu dalam hal pengadilan memberikan pengertian dan pemahaman terkait pelayanan pengadilan kepada masyarakat. Ketiga, fungsi customer service, yaitu dalam hal menanggapi kritik, saran, keluhan bahkan inovasi yang ditawarkan masyarakat.

Melalui live chat, pengadilan mengoptimalkan fungsi-fungsi tersebut agar:

1. Terwujudnya pelayanan publik yang baik dan berfokus kepada masyarakat (customer focus);
2. Pelayanan yang cepat dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat (quick response);
3. Fungsi penanganan kritik dan keluhan masyarakat (customer service).

Live chat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Whatsapp Business. Walaupun aplikasi ini dibuat untuk tujuan bisnis, namun pengadilan memanfaatkan aplikasi ini bukan dari sisi bisnisnya, tapi dari sisi pelayanan kepada pelanggan. Jadi, pengadilan harus selalu menyediakan produk berupa jasa pelayanan yang diberikan atau jawaban atas pertanyaan yang diajukan masyarakat.

Walaupun live chat dibuat agar pengadilan semakin bersahabat dengan masyarakat, namun pengadilan tetap menjaga independensinya sebagai lembaga negara pelaksana kekuasaan kehakiman. Oleh karena itu, perlu ditetapkan batasan dan hal-hal apa saja yang menjadi materi percakapan dalam live chat. Adapun hal-hal yang tidak menjadi pokok bahasan live chat yaitu:

  1. Bermuatan SARA (Suku, Agama, Ras & Antar golongan);
  2. Bermuatan hal-hal yang melanggar hukum, ketertiban umum dan kesusilaan;
  3. Bermuatan informasi menyesatkan (hoax);
  4. Bermuatan promosi barang atau jasa;
  5. Bermuatan hal-hal yang tidak relevan, misalnya: pertanyaan tentang kesehatan atau jenis tumbuh-tumbuhan, yang bukan merupakan domain pengadilan;
  6. Bermuatan hal-hal yang menimbulkan konflik kepentingan dengan pihak lain;

Live chat dapat dilakukan di waktu jam kerja, yaitu pkl. 08.00-16.30 Wib (Senin-Kamis) dan pkl.08.00-17.00 Wib (Jumat). Sewaktu bulan puasa, menyesuaikan pada kebijakan pemerintah mengenai jam kerja pada waktu bulan puasa, yaitu pkl. 08.00-15.00 Wib (Senin-Kamis) dan pkl. 08.00-15.30 Wib (Jumat).

Setiap pertanyaan yang diajukan di luar jam kerja akan dijawab pada hari kerja berikutnya. Server akan mengirimkan jawaban otomatis berupa informasi waktu pelaksanaan live chat.

Masyarakat dapat mengakses live chat di pengadilan melalui nomor +62 896 6137 0177

Terakreditasi "A Excellent"
icon akreditasi
Berdasarkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum Nomor TAPM. 165/ QMR / SERTIFIKAT / 11 / 2017 tanggal 20 November 2017.
Survey Kepuasan Publik

Berikan pendapat anda tentang informasi dalam website ini

Chat via Whatsapp